Nusantara-online.com,-Hari ini, Senin (10-8-2020) sekitar jam 10 pagi, Sudin berada di Desa Sukatani, Kecamatan Kalianda untuk membagikan Alsintan kepada 8 (delapan) Kelompok Tani, Sedangkan siangnya, sekitar jam 13.30 WIB, Sudin mengunjungi Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, juga membagikan Alsintan kepada 9 (sembilan) Kelompok Tani.
Dalam kunjungannya kali ini, Sudin turut membawa Anggota Komisi V DPR-RI, Bambang Suryadi, Anggota DPRD Prop. Lampung, Lesty, Ketua DPRD Lampung Selatan, Hendry Rosyadi, Anggota DPRD Kab. Lampung Selatan, Rosdiana, Asmara, Ketut Supardi, Sulastiono, Suhar Budianto, Taman, dan Sadide serta dari Ditjen Perlindungan dan Perluasan Lahan Kementerian Pertanian, Erwin Noorwibowo, STP.
Di Desa Sukatani, Sudin memberikan bantuan alat mesin pertanian berupa satu TR4 ISEKI, 6 TR2 Quick G3000 Zeva dan 1 Corn Seller akan dibagikan kepada 8 (delapan) Kelompok Tani.
Sedangkan di Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, Sudin membagikan alat mesin pertanian kepada 9 (sembilan) Kelompok Tani berupa satu TR4 ISEKI dan 8 (delapan) TR2 Quick G3000 Zeva.
Pada kesempatan itu, Sudin meminta kepada kelompok tani untuk merawat alat mesin pertanian, sehingga selain tidak cepat rusak, alat tersebut juga bisa digunakan secara maksimal. Bahkan Sudin mewajibkan kelompok tani untuk memiliki alat steam untuk membersihkan alat mesin pertanian sehabis dipakai.
“Saya minta gapoktan memiliki alat steam untuk membersihkan alat pertanian setelah habis dipakai, alat ini akan kami tarik jika tidak dirawat,” ujar Sudin.
Selain itu, Sudin juga meminta agar alat mesin pertanian tidak dimonopoli penggunaannya. Sebab, kata dia, alat mesin pertanian diberikan untuk kelompok tani, bukan perorangan atau Ketua Kelompoknya saja.
Bagi kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan, Sudin berpesan para kelompok tani tersebut untuk mengajukan proposal dan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian.
“Bagi kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan Alsintan agar segera mengajukan proposal dan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian,” ujar Sudin lagi.
Pada bagian lain, Nanang Ermanto mengucapkan banyak terimakasih atas kepedulian Sudin terhadap masyarakat Lampung Selatan, khususnya masyarakat petani.
“Dengan berbagai bantuan yang diberikan, semoga Lampung Selatan tetap menjadi salah satu penyangga pangan di kawasan Jobodetabek dan kehidupan masyarakat petani Lampung Selatan menjadi sejahtera,” ujar Nanang.
Usai penyerahan bantuan Alsintan secara simbolis, acara dilanjutkan dengan sesi dialog dengan para petani. Dalam dialog tersebut, Ketua Gapoktan Margotani, Desa Sukatani, Kecamatan Kalianda, Iwan, mengharapkan adanya bantuan perbaikan jalan petani. Karna menurutnya, jalan petani yang ada saat ini kondisinya sudah rusak sehingga cukup kesulitan membawa hasil pertanian.
“Kami sangat berharap ada bantuan berupa perbaikan jalan pertanian atau jalan produksi, sehingga ketika panen, sangat mudah untuk mengeluarkan hasil pertanian,” pinta Iwan. (Kmf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Jabodetabek