Nusantara-Online.com,-Lamsel – Sebanyak 11 kelompok tani (Poktan) dari lima kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa traktor roda dua. Sedangkan 2 Poktan lainnya menerima pompa air.

Bantuan alsintan tersebut langsung dari Kementerian Pertanian melalui jalur aspirasi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Lampung I.

Bantuan itu diserahkan oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto kepada masing-masing Poktan di Desa Sinar Palembang, Kecamatan Candipuro, Kamis (17/9/2020).

Hadir dalam acara penyerahan alsintan itu, anggota DPRD Lampung Selatan dari Fraksi PDI Perjuangan yakni, Ketut Supardi, Taman, dan Sulastiono. Hadir juga Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Bibit Purwanto serta Uspika Candipuro.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Bibit Purwanto menjelaskan, bantuan itu diserahkan kepada 13 Poktan yang tersebar di Kecamatan Candipuro, Way Sulan, Katibung, Tanjung Sari, dan Merbau Mataram.

“Bantuan alsintan untuk para kelompok tani ini atas usulan melalui jalur aspirasi wakil rakyat kepada Kementerian Pertanian,” terang Bibit dalam laporannya.

Bibit menambahkan, bantuan itu untuk mengurangi biaya produksi para petani. Ia berharap alsintan tersebut dapat dipergunakan dengan maksimal.

“Alsintan yang diserahkan ini menjadi tanggungjawab kelompok tani. Dalam pengelolaannya harus secara transparan. Bagi kelompok tani yang belum menerima, bisa segara diusulkan ke anggota dewan yang mewakili wilayahnya masing-masing,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pertanian, khususnya anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan yang telah peduli dengan petani di Lampung Selatan.

“Mewakili pemerintah daerah dan masyarakat saya sampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian melalui anggota Komisi IV DPR RI yang telah mengupayakan bantuan alsintan untuk petani di Lampung Selatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Nanang mengatakan, dengan telah diterimanya alsintan tersebut, diharapkan dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh para petani. Sehingga para petani di Lampung Selatan dapat meningkatkan hasil produksi pertaniannya.

“Saya minta alsintan ini dijaga dan dirawat dengan baik. Supaya mesin pertanian ini bisa tahan lama. Manfaatkan dan gunakan secara bergotong royong bersama para petani di kelompoknya. Jangan sampai digunakan perorangan,” imbuhnya.

Nanang juga menyampaikan, untuk meningkatkan hasil pertanian dan pemasaran hasil panen diperlukan kebersamaan, gotong royong dan dukungan semua pihak terkait.

Terutama anggota DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten serta peran pemerintah juga harus hadir dan mengawal para petani untuk bisa terus sukses menjalankan usahanya.

“Karena dengan kebersamaan dan gotong royong dapat menghasilkan hasil yang luar biasa. Untuk itu saya berpesan agar selalu menjaga kebersamaan dalam mengelola kelompok tani,” tandasnya.

Disisi lain, salah satu penerima bantuan dari Poktan Sinar Mulya, Kecamatan Candipuro, Subur mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan alsintan untuk kelompoknya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah menyalurkan bantuan alsintan kepada para kelompok tani. Dengan adanya bantuan ini bisa memudahkan para petani dalam mengolah lahan pertanian,” katanya. (kmf/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Jabodetabek